Ulum, Afifatul (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AFIFATUL ULUM 17220048.pdf
Download (1MB)
Abstract
Afifatul Ulum “Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan
Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi
Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kendal”. Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang belum optimal.
Hal ini dapat dilihat dari beberapa peserta didik untuk ulangan harian yang masih
di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Permasalahan ini
dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu rendahnya motivasi
belajar untuk mengikuti pembelajaran ekonomi sistem daring, kondisi lingkungan
belajar yang masih belum mendukung secara maksimal dan kurang optimalnya
dalam memanfaatkan internet.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian asosiatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu menggunakan data primer yang diperoleh dari angket/ kuisioner dan data
sekunder diperoleh dari dokumentasi serta nilai Ulangan Harian. Populasi pada
penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kendal yang
berjumlah 169. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh
sebanyak 169 peserta didik responden. Teknik analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, (2) lingkungan
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik,
(3) pemanfaatan internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar peserta didik, (4) motivasi belajar, lingkungan belajar dan pemanfaatan
internet berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi
belajar peserta didik.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Pemanfaatan Internet
dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:00 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2552 |