ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 01 TODANAN KABUPATEN BLORA

OVIANA, TAMI (2024) ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 01 TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tami Oviana.pdf] Text
Tami Oviana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penerapan kurikulum
merdeka yang di dalamnya menekankan profil pelajar pancasila sebagai salah satu
upaya memperbaiki dan memperkuat karakter peserta didik.Permasalah dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan profil pelajar pancasila terhadap
pendidikan karakter di SD Negeri 01 Todanan? 2) Bagaimana pembentukan
karakter disiplin dalam Profil pelajar pancasila di SD Negeri 01 Todanan? 3) Apa
saja hambatan yang dihadapi dalam penarapan profil pelajar pancasila di SD
Negeri 01 Todanan?.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1)
Mengetahui penerapan profil pelajar pancasila terhadap pendidikan karakter
disiplin di SD Negeri 01 Todanan. 2) Mengetahui pembentukan karakter disiplin
dalam Profil pelajar pancasila di SD Negeri 01 Todanan. 3) Mengetahui hambatan
yang dihadapi dalam penarapan profil pelajar pancasila terhadap karakter disiplin
di SD Negeri 01 Todanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa SD Negeri 01 Todanan tahun pelajaran 2023/2024.Sampel
yang diambil adalah 20 siswayang terdiri dari 10 siswa kelas rendah dan 10 siswa
kelas tinggi.data dalam penelitian ini diperoleh melalui Angket, wawancara,
Observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa di SD Negeri 01 Todanan telah
menerapkan
profil
pelajar
pancasila
dengan
3
strategi;
pembelajaran
berdiferensiasi, pembelajaran dengan proyek (P5) dan pembiasaan. Penerapan
profil pelajar Pancasila untuk membentuk karakter disiplin diterapkan dengan cara
memberikan beberapa peraturan seperti: datang tepat waktu, melakukan piket
kelas sesuai jadwal yang diberikan guru, selalu membawa buku pelajaran sesuai
dengan jadwal pelajaran, sesalu menaati aturan – aturan di sekolah dan selalu
mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hambatan dalam penerapan profil pelajar
pancasila terhadap karakter disiplin yaitu kurangnya dukungan dari orang tua
Peserta didik serta kurangnya komunikasi antara Peserta didik dengan guru.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah untuk
mengatasi siswa yang masih melanggar aturan, guru bisa melakukan bimbingan
secara pribadi agar kesadaran Peserta didik bisa terbentuk dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:20
Last Modified: 07 Oct 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item
View Item