PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN BUGANGAN 01 SEMARANG

OLIVIANNISHA, NABILLA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN BUGANGAN 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NABILLA OLIVIANNISHA.pdf] Text
NABILLA OLIVIANNISHA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 1 di SD Negeri Bugangan 01 Semarang. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi terutama pada pembelajaran membaca. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Bugangan 01 Semarang?, 2)
Bagaimana kemampuan membaca siswa dalam penggunaan media kartu huruf bergambar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas rumusan masalah yang telah ditentukan.
Landasan teori yang dibahas dalam penelitian itu yaitu tentang pengertian kemampuan membaca permulaan, manfaat dan tujuan membaca, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan. Selain itu, membahas mengenai pengertian media pembelajaran terutama media kartu huruf bergambar dan manfaat dari penggunaan media pembelajaran kartu huruf bergambar untuk peserta didik. Selain itu, untuk memperkuat penelitian ini juga menyertai penelitian-penelitian terdahulu atau penelitian yang relevan sesuai dengan judul yang peneliti ambil.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen berupa one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Bugangan 01 Semarang. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 15 anak dari 25 anak kelas 1 dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti data yang diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 50,667 sedangkan nilai posttest sebesar 70,667 dengan selisih mean -20 artinya nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada
nilai rata-rata pretest. Berdasarkan hasil uji paired Sample T test yaitu didapatkan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
artinya terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Bugangan 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan bahwa supaya media kartu huruf bergambar dapat menjadi salah satu inovasi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa terutama kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:45
Last Modified: 23 Sep 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item
View Item