OCTAVIA, EKA NUR (2024) PENGEMBANGAN CROSS NUMBER PUZZLE UNTUK MEMFASILITASI DIMENSI KOGNITIF MATERI ARITMATIKA DASAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
EKA NUR OCTAVIA (20120174) - Eka Nur Octavia.pdf
Download (2MB)
Abstract
Eka Nur Octavia. NPM 20120174. “Pengembangan Cross Number Puzzle Untuk
Memfasilitasi Dimensi Kognitif Materi Aritmatika Dasar Siswa Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd.
dan Dosen Pembimbing II: Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. 2024.
Aritmatika dasar merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran
matematika di tingkat sekolah dasar. Penggunaan metode pembelajaran yang
inovatif dan menyenangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi
aritmatika dasar dengan lebih baik. Permasalahan yang diungkapkan dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimana Cara Mengembangkan Cross Number Puzzle
yang Memfasilitasi Dimensi Kognitif Aritmatika Dasar. (2) Bagaimana Dampak
Penggunaan Cross Number Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Sekolah Dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengembangan media cross number puzzle untuk memfasilitasi dimensi kognitif
materi aritmatika dasar dan memahami dampak penggunaan cross number puzzle
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yaitu siswa kelas V SD N
Purworejo 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Angket. Media pada
penelitian pengembangan ini melalui subjek penilaian berupa validasi ahli media,
ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat
validasi media. Hasil pengembangan berupa media cross number puzzle untuk
memfasilitasi dimensi kognitif materi aritmatika dasar. Media cross number puzzle
dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media
pembelajaran 98%, dan validasi ahli materi sebesar 88%.
Media cross number puzzle dinyatakan praktis sangat layak digunakan
dengan hasil tanggapan guru sebesar 96% dan dari tanggapan siswa sebesar
94,05%. Pengembangan ini menggunakan 5 dimensi kognitif dan diuji cobakan
kepada 22 siswa. Hasil pengembangan berupa media cross number puzzle untuk
memfasilitasi dimensi kognitif materi aritmatika dasar. Dampak penggunaan media
cross number puzzle dapat diketahui dengan adanya peningkatan pada hasil post-
test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah sangat layak digunakan
menggunakan media pembelajaran cross number puzzle karena mempermudah
peserta didik untuk memahami materi aritmatika dasar dan perlu adanya
pengembangan media lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan media
yang lebih berkualitas dan inovatif.
Kata Kunci: Dimensi Kognitif, Cross Number Puzzle, Aritmatika Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4290 |