LUTHFIYAH, EVI (2024) UPAYA MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MARKET DAY PADA KELOMPOK B1 RA NURUN A LANNUR KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Evi Luthfiyah 22156124.pdf
Download (2MB)
Abstract
EVI LUTHFIYAH, NPM 22156124. “Upaya Meningkatkan
Entrepreneurship Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Pada Kelompok
B1 RA Nurun A’lannur Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I, Dwi
Prasetiyawati, D.H., M.Pd., Dosen Pembimbing II Mila Karmila, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
entrepreneurship pada anak usia dini yang disebabkan kurangnya pengenalan
tentang entrepreneur melalui kegiatan market day. Tujuan dari penelitian ini
adalah: Untuk mengetahui tingkat entrepreneurship pada anak usia dini melalui
kegiatan market day pada Kelompok B1 RA Nurun A’lannur tahun pelajaran
2023/2024.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
Entrepreneurship anak usia dini pada Kelompok B1 RA Nurun A’lannur Kota
Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
entrepreneurship pada anak usia dini melalui kegiatan market day.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas
2 siklus. Tiap siklusnya teridiri dari 3 kali pertemuan. Disetiap siklusnya terdiri
atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini
adalah anak Kelompok B1 di RA Nurun A’lannur Kota Bekasi yang terdiri atas 15
anak. data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif di mana
indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila lebih dari 75% anak dapat
meningkatkan entrepreneurship melalui kegiatan market day.
Hasil penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Entrepreneurship
Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Pada Kelompok B1 RA Nurun
A’lannur Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024”. Didapatkan kesimpulan
bahwa melalui kegiatan market day dapat meningkatkan entrepreneurship anak
pada Kelompok B1 RA Nurun A’lannur. Peningkatan entrepreneurship anak
melalui kegiatan market day dibuktikan dengan 12 anak dari jumlah 15 anak
mendapat kategori nilai sangat baik (BSB) sehingga indikator keberhasilan pada
akhir siklus sebesar 80%.
Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu pentingnya melakukan kegiatan
market day di sekolah agar anak dapat memiliki jiwa entrepreneurship pada anak
usia dini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3833 |