Dewi, Grahita Sukma (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN WOLFRAM MATHEMATICA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Grahita Sukma Dewi 18310075.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis perlu untuk dikembangkan karena merupakan
keterampilan yang harus dikuasai di abad 21. Namun kenyataannya,
kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Dalam penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa e�modul berbantuan wolfram mathematica yang layak (valid) digunakan
dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE dengan tahapan analisys, design, development,
implementation, dan evaluation. Media yang dikembangkan sebelum diuji
cobakan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi dengan hasil
penilaian ahli media sebesar 84% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil
penilaian ahli materi sebesar 88% dengan katagori “Sangat Baik” dengan
artian e-modul layak (valid) digunakan dalam proses pembelajaran. Dari
hasil uji coba penggunaan e-modul dapat disimpulkan bahwa e-modul
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari
hasil ketuntasan berpikir kritis siswa ≥ 75%, hasil berpikir kritis kelas
eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan terjadi peningkatan
kemampuan berpikir kritis yang dihitung menggunakan uji N-Gain
Kata Kunci: Mathematica, E-Modul, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:06 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3555 |