SARI, DIAH AYU PUSPITA (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS HUSNI THAMRIN KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAH AYU PUSPITA SARI 18120267.pdf
Download (7MB)
Abstract
Diah Ayu Puspita Sari. NPM 18120267. “Analisis Penggunaan Media
Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Husni Thamrin
Kecamatan Winong Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II
Muhammad Arief Budiman, SS., M.Hum., 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian adalah jam pelajaran yang
harus dibatasi karena COVID-19 sehingga dalam pembelajaran tematik waktu
yang digunakan terbatas, media pembelajaran yang tersedia tidak digunakan
secara maksimal dan pembelajaran tematik yang dibagi per-tema maka media
yang digunakan harus mencakup dua atau lebih mata pelajaran. Fokus penelitian
ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran tematik di kelas IV
Sekolah Dasar di gugus Husni Thamrin Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan
penggunaan media pembelajaran tematik pada kelas IV di Gugus Husni Thamrin
Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di Sekolah
Dasar Gugus Husni Thamrin Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Sumber data
dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa SD Segugus
Husni Thamrin. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media
pembelajaran tematik kelas IV di Gugus Husni Thamrin guru menggunakan
media disesuiakan dengan tema yang dipilih yang dapat menyampaikan materi
pelajaran, guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia sehingga dapat
digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Namun ada beberapa guru yang belum memanfaatkan media secara maksimal
dikarenakan usia yang tidak muda dan kesehatan fisik jadi guru hanya
memanfaatkan media papan tulis untuk menjelaskan materi pembelajaran tematik
di kelas IV. Siswa lebih mudah memahami jika guru menggunakan media di
kelas pada pembelajaran tematik dibandingkan guru tidak menggunakan media
siswa kurang memahami materi pembelajaran tematik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media
pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat efektif terhadap
kegiatan belajar mengajar siswa di kelas IV sehingga siswa lebih tertarik
mengikuti pembelajaran tematik dan tujuan pembelajaran di kelas tercapai.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:01 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3546 |