PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KOPING STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

AFYFFAH, DHYAH AYU (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KOPING STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DHYAH AYU AFYFFAH 18110107.pdf] Text
DHYAH AYU AFYFFAH 18110107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dhyah Ayu Afyffah. NPM 18110107. “Pengaruh Dukungan Sosial
Teman Sebaya Terhadap Koping Stres Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing
I: Dra. Tri Suyati, M.Pd. Pembimbing I: Desi Maulia, S.Psi., M.Psi. Psikolog.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang maksimal dalam
mengembangkan koping stres akademik siswa dan dukungan sosial teman sebaya.
Hal tersebut menyebabkan siswa kurang dapat mengelola koping stres akademik
kearah yang positif sehingga menyebabkan timbulnya permasalahan yang baru.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Dukungan
Sosial Teman Sebaya Terhadap Koping Stres Akademik Siswa Kelas VIII SMP N
1 Jepara.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif non experimen
metode ex-postfacto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak
287 siswa kelas VIII SMP N 1Jepara Kabupaten Jepara. Sampel uji coba
berjumlah 60 siswa dari kelas VIII B dan VIII C. Sampel penelitian sebanyak 63
siswa dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan
yaitu menggunakan skala koping stres akademik dan skala dukungan sosial teman
sebaya.
Hasil dari analisis deskriptif pada penelitian ini didapatkan bahwa koping
stres akademik siswa kelas VIII SMP N 1 Jepara Kabupaten Jepara kategori
sangat rendah terdiri dari 0 siswa (0%), kategori rendah terdiri dari 14 siswa
(22,2%), tinggi terdiri dari 46 siswa (73,0%), kategori koping terdiri dari 3 siswa
(4,8%). Untuk variabel dukungan sosial teman sebaya kategori sangat rendah
terdiri dari 0 siswa (0%), kategori rendah terdiri dari 12 siswa (19,0%), kategori
tinggi terdiri dari 45 siswa (71,4%), kategori sangat tinggi terdiri dari 6 siswa
(9,5%).
Berdasarkan hasil data pengujian hipotesis regresi linear sederhana,
berdasarkan nilai signifikansi dari tabel diatas, diperoleh nilai signifikansi 0,000
<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Trust (X) berpengaruh
terhadap variabel Partisipasi (Y). Berdasarkan nilai t, dapat diketahui nilai thitung
sebesar 4,684 > ttabel 1,999.Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat
pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap koping stres akademik siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara dengan tingkatan kearah positif.
Kata Kunci : Koping stres akademik, dukungan sosial teman sebaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:21
Last Modified: 22 Mar 2024 04:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item
View Item