AZIZAH, AZIZAH (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM UNGGULAN SPIRITUAL PADA PEMBELAJARAN KELAS TINGGI SD NEGERI 4 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AZIZAH 18120253.pdf
Download (6MB)
Abstract
AZIZAH. NPM 18120253. “Implementasi Program Unggulan Spiritual pada
Pembelajaran Kelas Tinggi SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: M. Aniq KHB, S.Pd., M.Hum
dan Dosen Pembimbing II: Wawan Priyanto, M.Pd. Juni 2022.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana
implementasi program unggulan spiritual pada pembelajaran kelas tinggi SD
Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan?, (2) Apa problematika yang dialami
selama proses implementasi program unggulan spiritual pada pembelajaran kelas
tinggi SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk
mengidentifikasi
implementasi
program
unggulan
spiritual
pada
pembelajaran kelas tinggi di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan dan
menganalisa problematika yang dialami. Jenis Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten
Grobogan dengan teknik pengambilan data berupa triangulasi menggunakan tiga
metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program unggulan spiritual
pada pembelajaran kelas tinggi di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan
berhasil terimplementasi dengan baik melalui beberapa program intrakurikuler
dan ekstrakurikuler. Bentuk implementasi program unggulan spiritual yang
diterapkan pada kegiatan intrakurikuler di kelas tinggi berupa peneladanan
pembiasaan nilai- nilai islam kepada siswa dan mengintegrasikan aspek spiritual
dalam tiap pembelajaran, contohnya guru membiasakan siswa untuk berdoa saat
akan memulai aktivitas dan mengaitkan materi tata surya dengan penciptaan alam
semesta berdasarkan ilmu agama. Sedangkan pada kegiatan ekstrakurikuler,
penerapan program unggulan spiritual terintegrasi melalui program rutinan pagi &
pulang, Jum’at Amal, Sholat Dhuha & Dhuhur, ekstrakurikuler BTA, dan
ekstrakurikuler seni musik angklung. Beberapa faktor pendukung keberjalanan
program tersebut diantaranya yaitu kepercayaan wali murid dan antusias serta
keterbukaan siswa. Ada pula beberapa problematika yang ditemukan selama
keberjalanan program, diantaranya yaitu kekurangan SDM dan terbatasnya ruang
pengelolaan program.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya
pihak sekolah lebih meningkatkan lagi ketrampilan guru dalam merancang
perangkat pembelajaran untuk mendukung penerapan program unggulan spiritual,
pengadaan pembaharuaan fasilitas sekolah dan menambah tenaga kerja dalam
mempermudah proses implementasi program unggulan spiritual di SD Negeri 4
Gubug Kabupaten Grobogan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3206 |