YOVITA, MARIA (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 EGON KECAMATAN WAIGETE. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARIA YOVITA 15110154.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Maria Yovita. NPM 15110154: “Analisis faktor-faktor yang
Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 EGON
Kecamatan Waigete” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. M. Th.
S, R. Retnaningdyastuti, M.Pd. pembimbing II Ismah, S.Ag., M.Pd. Psikolog.
2022.
Penelitian dilatarbelakangi siswa tidak memiliki ciri-ciri motivasi belajar
seperti siswa kurang tekun dalam mengerjakan tugas, kurang ulet dalam
menghadapi kesulitan belajar, tidak senang bekerja mandiri yang ditunjukkan
dengan perilaku siswa yang suka melihat tugas teman saat guru memberikan
tugas. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitaif survey. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 1 EGON Kecamatan
Waigete yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian ini yaitu 114 siswa
menggunakan propotional random sampling. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah skala motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan faktor-faktor motivasi
belajar siswa kelas VII SMP PGRI 1 Egon Kecamatan Waigete terdiri dari faktor
internal dan eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor yang paling besar dalam
mempengaruhi motivasi belajar siswa dibandingkan faktor internal dengan
persentase faktor internal sebesar 49,1%, dan faktor eksternal sebesar 50,9%. Pada
faktor internal, indikator yang memiliki nilai persentase capaian dari yang
tertinggi adalah minat siswa, kondisi fisik, kemampuan siswa dan cita�cita/aspirasi siswa. Pada faktor eksternal, indikator yang memiliki nilai persentase
capaian dari yang tertinggi adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
upaya guru dalam pembelajaran dan teman sebaya.
Saran bagi Guru BK diharapkan dapat memberikan layanan yang sesuai
dengan kondisi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan
mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi. Bagi pihak sekolah
hendaknya melakukan evaluasi tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
motivasi belajar siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti sumber
data yang lebih luas untuk mendapatkan gambaran yang lebih bervariasi antara
satu sekolah dengan sekolah yang lain, dan dapat menelaah tentang faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Faktor Motivasi Belajar, Siswa Kelas VII
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:32 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 06:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2791 |