ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 2 DI FUN & PLAY SPECIAL ELEMENTARY SCHOOL SEMARANG

Manik, Jihan Nura Sekar (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 2 DI FUN & PLAY SPECIAL ELEMENTARY SCHOOL SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JIHAN NURA SEKAR MANIK 16120143.pdf] Text
JIHAN NURA SEKAR MANIK 16120143.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of JIHAN NURA SEKAR MANIK 16120143.pdf] Text
JIHAN NURA SEKAR MANIK 16120143.pdf

Download (5MB)

Abstract

Jihan Nura Sekar Manik. 16120143. “Analisis Implementasi Penanaman
Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas 2 di FUN & PLAY Special
Elementary School Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran
adalah dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Lingkungan kondusif dapat
diwujudkan dengan penanaman karakter peduli lingkungan. Menjaga lingkungan
atau melakukan gerakan peduli lingkungan sangat dibutuhkan untuk menjaga
lingkungan agar tetap bersih. Menjaga lingkungan bukan hanya tugas dari satu
pihak, namun sudah menjadi kewajiban bagi seluruh manusia yang berada dalam
lingkungan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis
implementasi penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 2 di FUN
& PLAY Special Elementary School Semarang.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa,
dan orang tua siswa kelas 2 di FUN & PLAY Special Elementary School
Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan temuan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 2 di
Fun & Play Special Elementary School terdapat 80% dari keseluruhan siswa
menunjukkan sikap kepedulian terhadap lingkungan baik di sekolah maupun di
rumah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi penanaman nilai
karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 2 di sekolah sudah baik. Guru
melakukan penanaman nilai karakter peduli lingkungan dengan menyiapkan
materi berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Guru akan memberikan
contoh kepada siswa secara langsung untuk mengajak siswa melakukan sikap
yang mencerminkan nilai karakter peduli lingkungan.
Berdasarkan simpulan dan temuan dari penelitian yang telah dilakukan
peneliti, maka saran bagi siswa dengan adanya pembiasaan yang telah
dilaksanakan di sekolah siswa diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih
peduli terhadap lingkungan sekitar, bagi guru diharapkan bisa terus menjadi
panutan yang baik dalam kepedulian terhadap lingkungan dan selalu sabar
mendampingi setiap kegiatan yang diikuti oleh sahabat kecil yang hebat, bagi
kepala sekolah diharapkan dapat terus berperan mengayomi serta belajar bersama
dalam menguatkan karakter peduli lingkungan untuk seluruh warga sekolah, serta
bagi pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami dan
meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan. Peneliti menyadari bahwa skripsi
ini masih jauh dari kata sempurna karena penelitian ini hanya fokus dalam
bagaimana implementasi penanaman karakter peduli lingkungan. Maka peneliti
mengharap kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kebaikan
peneliti dan skripsi ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:48
Last Modified: 16 Jan 2024 07:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item
View Item