PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA SPINNING WHEEL DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR SISWA KELAS X KULINER 1 SMK MATARAM SEMARANG TAHUN 2022/2023

SAFITRI, IMA YULIA (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA SPINNING WHEEL DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR SISWA KELAS X KULINER 1 SMK MATARAM SEMARANG TAHUN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IMA YULIA SAFITRI 18430010.pdf] Text
IMA YULIA SAFITRI 18430010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

IMA YULIA SAFITRI. “Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media
Spinning Wheel dalam Pembelajaran Menelaah Teks Serat Wedhatama Pupuh
Pangkur Siswa Kelas X SMK Mataram Semarang Tahun 2022/2023”. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I,
Dr. Sunarya, M. Hum dan pembimbing II, Bambang Sulanjari S.S.,M.A. 2022.
Kata Kunci: media spinning wheel, Teks Serat Wedhatama Pupuh Pangkur .
Penelitian ini dilatar belakangi adanya minat yang kurang dari para siswa
dengan teks serat wedhatama pupuh pangkur yang hanya berisi tulisan dan kalimat
yang penuh. Dengan demikian, rumusan masalah yang dapat diambil adalah
bagaimana hasil Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Spinning
Wheel dalam Pembelajaran Menelaah Teks Serat Wedhatama Pupuh Pangkur Siswa
Kelas X SMK Mataram Semarang Tahun 2022/2023 . Tujuan penelitian ini untuk
mendiskripsikan hasil penerapan media Spinning Wheel dalam pembelajaran
menelaah teks serat wedhatama pupuh pangkur.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif, karena data yang
diperoleh dihitung secara kuantitatif deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil
perhitungan data tersebut. Sumber data penelitian ini adalah hasil nilai siswa dalam
pembelajaran menelaah teks serat wedhatama pupuh pangkur. Teknik yang
digunakan yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan non
tes. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan analisis data di atas, maka hasil penelitian ini dapat dinyatakan:
1) Pada kelas sampel X Kuliner 1 yang tidak menggunakan media spinning wheel,
siswa mudah merasa bosan ketika diberikan materi. 2) Pada kelas eksperimen X
Kuliner 1 menggunakan media spinning wheel, siswa cenderung berantusias dan
fokus terhadap materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:18
Last Modified: 16 Jan 2024 04:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item
View Item