PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PJBL-STEM BERBANTUAN GEOMETRY CALCULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Astutik, Iin Dwi (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PJBL-STEM BERBANTUAN GEOMETRY CALCULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Iin Dwi Astutik 19310126.pdf] Text
Iin Dwi Astutik 19310126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika e�book berbasis PjBL-STEM berbantuan Geometry Calculator untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang
meliputi lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan
evaluasi. Subjek penelitian adalah MTs NU Mranggen kelas VIII. Instrumen
penelitian berupa angket validasi materi, angket validasi media, dan tes berpikir
kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media dinyatakan layak
pakai menurut ahli materi, tingkat validitas ketiga ahli materi adalah 82%, 86%
dan 93%, sedangkan tingkat validitas kedua ahli media adalah 86% dan 92 %. (2)
Berdasarkan nilai uji t dua pihak didapatkan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,05
sedangkan kelas kontrol 64,25 sehingga media pembelajaran dinyatakan efektif.
Untuk nilai N-gain pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai
N-gain kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e-book berbasis
PjBL-STEM berbantuan Geometry Calculator yang efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi lingkaran yang digunakan dalam
pembelajaran .
Kata Kunci : E-book; PjBL-STEM; Geometry Calculator; Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:58
Last Modified: 16 Jan 2024 03:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item
View Item