PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS STEAM MATERI PERPINDAHAN KALOR KONVEKSI DI SEKITAR KITA PADA MUATAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

RAHMASARI, ANNISA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS STEAM MATERI PERPINDAHAN KALOR KONVEKSI DI SEKITAR KITA PADA MUATAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANNISA RAHMASARI 19120119.pdf] Text
ANNISA RAHMASARI 19120119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses penyampaian pembelajaran
yang belum menggunakan pendekatan STEAM, literasi sains siwa yang rendah
sehingga berdampak pada rendahnya nilai pengetahuan siswa serta keterbatasan
kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media E-Comic berbasis
STEAM materi perpindahan kalor konveksi di Sekitar Kita pada Muatan IPA
Kelas 5 Sekolah Dasar?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media E-Comic
berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di Sekitar Kita pada Muatan
IPA Kelas 5 Sekolah Dasar?, 3) Bagaimana ketuntasan nilai pengetahuan siswa
terhadap media E-Comic berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di
Sekitar Kita pada Muatan IPA Kelas 5 Sekolah Dasar?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kelayakan, dan
ketuntasan belajar siswa dari penggunaan media E-Comic berbasis STEAM ini.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD).
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri
Guyangan. Data yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kelayakan
produk ini didapat melalui penilaian dari validasi ahli materi, ahli media, ahli
bahasa dan angket respon guru dan siswa serta tes untuk mengetahui peningkatan
nilai kognitif siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media E-
Comic Berbasis STEAM dinyatakan “valid” sesuai dengan hasil validasi ahli
materi sebesar 93%, ahli media sebesar 97 %, dan ahli bahasa 100%. Sementara,
angket respon guru kelas yang menunjukkan skor total sebesar 100% dan hasil
angket respon siswa yang mendapatkan persentase skor total sebesar 97,83%
dengan kriteria sangat praktis, dan keefektifan media ini didapat dari hasil tes
siswa yang menunjukkan adanya peningkatan nilai pengetahuan siswa. Hasil tes
siswa menunjukkan adanya peningkatan dari nilai pre test dengan rata-rata 27,22
dan nilai post test dengan rata-rata 95,99. Hal ini menunjukkan bahwa media E-
Comic berbasis STEAM layak untuk digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media E-Comic berbasis STEAM materi konveksi dapat digunakan
sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu
meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:54
Last Modified: 16 Jan 2024 03:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item