Ardian, Eki (2023) PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EKI ARDIAN 16310079.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier tiga variable (SPLTV)
ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket
gaya belajar siswa, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah 3 siswa X A SMA Institut Indonesia Semarang yang terdiri dari 1 siswa
dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 siswa
dengan gaya belajar kinestetik. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi
teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yaitu (1) siswa dengan gaya belajar visual melakukan
kesalahan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa
kembali solusi; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada
tahap membuat rencana; (3) siswa dengan bergaya kinestetik melakukan kesalahan
pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal SPLTV , Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:50 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/935 |