PENGEMBANGAN LKPD PELUANG BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN GEOGEBRA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

Majid, Husein Abdul (2023) PENGEMBANGAN LKPD PELUANG BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN GEOGEBRA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Husein Abdul Majid 19310139.pdf] Text
Husein Abdul Majid 19310139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan numerasi siswa masih rendah berdasarkan tes PISA 2018.
Pembelajaran juga belum menekankan penyelesaian masalah sehari-hari.
Berdasarkan kajian yang dilakukan peneliti, LKPD telah digunakan untuk
menunjang kemampuan numerasi, begitu juga dengan pendekatan realistic
mathematics education dan penggunaan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengembangan LKPD peluang berbasis realistic mathematics
education menggunakan GeoGebra berorientasi pada kemampuan numerasi yang
valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseach and development)
dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
38 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan dua kelas
yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas
kontrol. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan nilai validitas
berturut-turut sebesar 83,89% dan 86,80% sehingga LKPD tergolong valid.
Analisis angket respon siswa menghasilkan nilai kepraktisan sebesar 79,88%
sehingga LKPD dikatakan praktis. Dari uji t data post test didapatkan bahwa kelas
eksperimen memiliki kemampuan numerasi yang lebih baik daripada kelas
kontrol. Perhitungan N-Gain juga menunjukkan peningkatan kemampuan
numerasi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. LKPD yang
dikembangkan disimpulkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam
pembelajaran berorientasi numerasi.
Kata Kunci: pengembangan, realistic mathematics education, GeoGebra,
numerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:45
Last Modified: 16 Jan 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item
View Item