RAKHIM, ANNA RIKA (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS III SD NEGERI BOTOREJO 01 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANNA RIKA RAKHIM 16120232.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak orang tua
yang mengeluhkan peran mereka sebagai orang tua dalam memotivasi anak
untuk belajar. Selain itu mereka juga harus dibatasi dalam penggunaan alat
komunikasi untuk mencari informasi melalui media elektronik. Maka dari itu
siswa kelas III Sekolah Dasar sangat membutuhkan peran orang tua dalam
membantunya agar tetap belajar dirumah dengan maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua
terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas III SD Botorejo 01
pada masa pandemi covid-19? . Sedangkan untuk tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap
motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas III selama pandemi Covid-19.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif, karena penelitiannya
dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Penelitian ini
menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi di lapangan yang berkaitan
dengan peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas
III pada masa pandemi covid-19. Data dalam penelitian ini berupa susunan
kalimat yang diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk mencari dan
menemukan pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks
khusus.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid 19 peran
orang tua diperlukan dalam proses pembelajaran peserta didik. Peran orang tua
dalam pendidikan merupakan perilaku yang diharapkan dari orang tua (ayah
dan ibu) berupa tanggung jawab dan fungsinya yang harus dilaksanakan
sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak untuk membentuk kepribadian
anak. Sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri siswa yang
menimbulkan kegiatan belajar baik dari dalam maupun luar dirinya sehingga
tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Orang tua dapat memberikan motivasi,
perhatian, penghargaan, fasilitas, dan dukungan untuk anak saat aktivitas
belajar di rumah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan
Hendaknya orang tua lebih berperan secara maksimal dalam meningkatkan
motivasi belajar anak terutama di masa pandemi Covid-19. Sesibuk apapun
orang tua, alangkah baiknya mengedepankan pendidikan anak. Terlebih di
masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, orang tua menjadi garda terdepan
untuk mengawal anak-anak menuju cita-citanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:24 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/912 |