Kusuma, Harya Giri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA SMP/MTS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Harya Giri Kusuma 19310137.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat mempermudah
siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan
menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android
dengan pendekatan konstruktivisme pada Siswa SMP/MTs yang memenuhi
kriteria valid, efektif, serta praktis. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE
yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analisis, 2) Perancangan (Design), 3)
Pengembangan (Development), 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Media
pembelajaran ini diujicobakan pada kelas IX SMP N 1 Jepon dengan jumlah siswa
32. Hasil dari penelitian menunjukan kevalidan media dan materi yang diuji oleh
2 validator mendapatkan persentase sebesar 97,72% untuk media dan 92% untuk
materi dengan kriteria sangat baik. Pada angket kepraktisan yang dilakukan pada
kelas eksperimen dengan 30 responden mendapatkan persentase sebesar 94,06%
menunjukkan kriteria sangat baik. Keefektifan media dilakukan melalui post test
kemudian dilanjutkan dengan Uji T dan KBI, KBK pada hasil post-test siswa.
Hasil menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari
hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan konstruktivisme
pada siswa SMP/MTs layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Android, Media pembelajaran, Pengembangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/900 |