Amjad, Ammar (2023) CALL ORDER BARBER SERVICE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ammar Amjad 19670031.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Rambut adalah mahkota untuk setiap orang, tidak jarang semua orang
mementingkan penampilan rambut bukan hanya dikalangan kaum Hawa namun juga
kaum Adam pun merasa penampilan rambut adalah hal yang penting, bahkan menjadi
tolak ukur sebuah aspek kerapian seseorang. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa
mempunyai kriteria kerapian masing-masing, dari peraturan sekolah hingga inststansi
kantor. Maka dari itu tukang pangkas rambut hadir untuk melayani masyarakat dalam
memenuhi kebutuhan dalam hal modeling rambut. Namun sering kali kerap pelanggan
mengeluh tentang mulai antrian, kadang sering dibeberapa waku pelanggan juga datang
ke kedai tapi kedai tutup dan pelanggan yang tidak punya waktu untuk datang ke kedai
potong rambut. Oleh karena itu, diperlukan berbagai aspek yang harus dipertimbangkan
dalam mengambilan keputusan, untuk itu perlu dirancang dan diimplementasikan
sebuah aplikasi yang mengimplementasikan konsep metode First Come First Served
(FCFS). Diharapkan dapat memudahkan bagi barber dan pelanggan di kedai Potong
Rambut Dahlia Madura. Dalam membangun suatu aplikasi pemesanan potong rambut
ini menggunakan metode Waterfall. Untuk pemodelan sistem menggunakan Unified
Modeling Language (UML) seperti use case diagram, activity diagram, sequence
diagram, dan class diagram, serta perangkat lunak yang digunakan dalam membangun
system ini memakai bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan XAMPP
sebagai koneksi ke dalam database yaitu MySQL. Pengujian sistem menggunakan
metode User Acceptance Testing (UAT), black box, dan white box. Berdasarkan
pengujian User Acceptance Testing (UAT), menghasilkan persentase tercapai 87,2%
sehingga dapat dikategorikan layak digunakan dalam memberi kemudahan dalam
melakukan pemesanan di Pangkas Rambut Dahlia Madura. Pengujian black box dari
halaman admin dan user menunjukkan keberhasilan yang didapat 100% dalam
pengujjian fungsionalitas aplikasi pemesanan potong rambut. Sedangkan Pengujian
white box menghasilkan persentase 100% dalam penerapan FCFS terbukti teruji dapat
Meminimalisir kesalahan dalam antiran dan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi
berbasis android ini dapat mempermudah pelayanan.
Kata Kunci: Aplikasi Pemesanan, Barbershop, First Come First Served, Antrian,
Teknologi Informasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/90 |