AGUSTINA, ANITA DWI (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANITA DWI AGUSTINA 19110177.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian adalah tingginya perilaku prokrastinasi
akademik dan rendahnya self-regulated learning pada siswa kelas XI MA
Futuhiyyah Kudu Semarang. Hal tersebut berdasarkan pada hasil AKPD yang
menunjukkan kebutuhan tertinggi ada pada bidang pribadi dan belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara
self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI MA
Futuhiyyah Kudu Semarang dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk
mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi
akademik siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Futuhiyyah
Kudu Semarang. Alat pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi
akademik dan skala self-regulated learning.
Hasil penelitian dengan uji korelasi pearson product moment, diperoleh
bahwa ada hubungan secara signifikan antara self-regulated learning dengan
prokrastinasi akademik siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang.
Berdasarkan dari hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan bagi guru
BK diharapkan dapat memberikan layanan BK yang sesuai untuk meningkatkan
self-regulated learning dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada
siswa.
Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:07 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/896 |