Adawiyah, Hanna Robbiyatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK VIDEOGRAFI BERBASIS ANDROID PADA SISWA SMK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hanna Robbiyatul Adawiyah 16340025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Media pembelajaran teknik videografi merupakan sistem pembelajaran mobile
learning berbasis android yang saat ini memang banyak digunakan dalam
pembelajaran anak sekolah namun ada beberapa sekolah yang belom mengenal
sistem pembelajaran mobile learning terutama pada sekolah-sekolah dalam desa.
Metodologi ya ng digunakan penelitian ini adalah Research and Development
(R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyz, Design, Develop,
Implementation, Evaluation). Aplikasi teknik videografi dirancang dan dibuat
menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain dan Mit App Inventor
untuk pemrograman hasil akhir aplikasi berbasis android dijalankan secara
offline. Tujuan dibuatnya aplikasi media pembelajaran teknik videografi yaitu
memudahkan siswa dalam berlajar teknik videografi dengan cara yang belum
pernah dipelajari sebelumnya sehingga saat dilaksanakannya pembelajaran
dengan aplikasi teknik videografi ini sangat menarik siswa untuk belajar.
Pengujian aplikasi yaitu dengan validasi kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi
dalam bentuk angket. Dalam pengujian aplikasi oleh ahli materi memperoleh skor
75,5% dan pengujian aplikasi oleh ahli media memperoleh 72% dan hasil uji
respon siswa memperoleh 77,5 dan dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan
aplikasi Teknik Videografi layak untuk digunakan.
Kata kunci: teknik videografi, android, mit app inventor, media pembelajaran,
multimedia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/887 |