PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 17 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NUR’AINI, ANISA (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 17 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANISA NUR’AINI 19410076.pdf] Text
ANISA NUR’AINI 19410076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang masih sangat bergantung
kepada guru dan kurangnya inisiatif mengerjakan soal secara individu. Melihat
keadaan tersebut perlu adanya variasi pembelajaran yang harus diterapkan untuk
membuat peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran teks prosedur.
Variasi model pembelajaran yang diupayakan yaitu penerapan model
pembelajaran berbasis proyek. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah penerapan model project based learning dalam
pembelajaran menulis teks prosedur peserta didik kelas VIIF SMP Negeri 17
Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Berkaitan dengan rumusan masalah
tersebut tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model
project based learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur peserta didik
kelas VIIF SMP Negeri 17 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang
digunakan pada penelitian yaitu kualitatif deskriptif yang mana teknik
pengambilan sampelnya melalui teknik cluster random sampling dengan populasi
seluruh peserta didik kelas VII. Berdasarkan teknik tersebut kelas yang terpilih
yaitu kelas VIIF. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peserta didik
selama mengikuti pembelajaran teks prosedur menggunakan penerapan model
project based learning. Hasil nilai rata-rata mencapai 86,45 sedangkan hasil
angket respon peserta didik mencapai 94%. . Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran project based learning dapat diterapkan dalam
pembelajaran teks prosedur.
Kata Kunci: pembelajaran, penerapan, menulis, prosedur, pjbl.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:59
Last Modified: 16 Jan 2024 02:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item
View Item