ANALISIS LITERASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE DI SMK SWADAYA SEMARANG (Studi Deskritip pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran)

Risma, Devi Hana (2023) ANALISIS LITERASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE DI SMK SWADAYA SEMARANG (Studi Deskritip pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEVI HANA RISMA 17220036.pdf] Text
DEVI HANA RISMA 17220036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Devi Hana Risma “Analisis Literasi Pembelajaran Berbasis Digital
pada Mata Pelajaran Bisnis Online Di SMK Swadaya Semarang”, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat literasi digital
siswa yang diikuti dengan tingkatnya tingkat plagiarisme pada artikel persuasif
siswa. Penelitian dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana
literasi pembelajaran berbasis digital pada mata pelajaran bisnis online di SMK
Swadaya Semarang.
Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan secara lengkap tingkat
literasi pembelajaran berbasis digital pada aspek pencarian di internet, pandu arah
hypertext, evaluasi konten informasi dan penyusunan pengetahuan. Metode yang
digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan studi deskriptif pada jurusan
BDP di SMK Swadaya Semarang untuk memahami fakta yang tersembunyi
dibalik fenomena yang terjadi dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi pembelajaran
berbasis digital pada guru dikatakan baik pada aspek pencarian di internet. Pada
aspek pandu arah hypertext kemampuan guru dikategorikan baik karena mampu
memanfaatkan dan menyusun hypertext untuk modul ajar. Pada aspek evaluasi
konten informasi kemampuan guru dalam kategori baik dan pada aspek
penyusunan pengetahuan dalam kategori sangat baik. Selanjutnya literasi
pembelajaran pada siswa untuk aspek pencarian di internet tergolong baik, pada
aspek pandu arah hypertext termasuk kategori kurang baik karena siswa tidak
memahami mengenai istilah dalam hypertext dan kurang mampu dalam
menerapkan hypertext pada artikel persuasif. Pada aspek evaluasi konten
informasi dalam kategori kurang baik dikarenakan siswa kurang mampu dalam
melakukan evaluasi informasi dari berbagai sumber. Pada aspek penyusunan
pengetahuan siswa dalam kategori kurang baik dikarenakan siswa kurang mampu
dalam menyusun pengetahuan dari media lain selain search engine dan kurang
memahami macam-macam tindakan plagiat dan cara menghindari tindakan
plagiat.
Kata kunci: Literasi Pembelajaran, Literasi Digital, Plagiarisme

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:34
Last Modified: 16 Jan 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item
View Item