ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KARANGTENGAH DEMAK

SURAYA, ANGGUN NUR INSANI (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KARANGTENGAH DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGUN NUR INSANI SURAYA 19120130.pdf] Text
ANGGUN NUR INSANI SURAYA 19120130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki berbagai cara
dalam menyerap informasi yang diberikan oleh guru. Terdapat siswa yang belajar
sambil duduk dan selalu memperhatikan ketika guru menjelaskan, ada juga siswa
yang berlarian kesana kemari saat guru menjelaskan. Hal ini tentunya menyebabkan
hasil belajar yang berbeda pada masing-masing siswa. Maka dari itu, guru harus
memperhatikan gaya belajar yang dimiliki setiap siswa dan memberikan metode
pembelajaran yang bervariasi supaya siswa dapat menyerap informasi sesuai
dengan kemampuannya dan menambah pemahaman serta hasil belajar siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Gaya belajar apa saja yang
terdapat pada siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak?. 2)
Bagaimana gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah
Demak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik?. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan apa saja
gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak. 2)
untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso
Karangtengah Demak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh akan
dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Data ini akan disajikan dalam bentuk deskripsi dengan
kalimat yang telah disusun sesuai dengan data yang diperoleh.
Hasil penelitian yang telah didapat bahwa siswa kelas IV MI
Nahdlatussubban Ploso karangtegah Demak memiliki gaya belajar visual,
auditorial, dan kinestik. Dalam pembelajaran tematik, siswa lebih cenderung
menggunakan gaya belajar kinestik, yaitu menyerap informasi melalui gerakan.
Meskipun memiliki gaya belajar yang sama, namun hasil belajar yang dimiliki
siswa berbeda.
Saran yang akan diberikan ialah setiap guru harus memiliki berbagai macam
metode dalam pembelajaran supaya bervariasi dan siswa tidak mudah bosan dalam
melakukan sebuah pembelajaran, serta siswa dapat menerima materi dengan cara
mereka sendiri yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Selain itu,
sekolah juga harus memfasilitasi dengan sarana dan prasarana yang dapat dijadikan
sebagai media pembelajaran agar guru juga dapat mengembangkan pembelajaran
sehingga pembelajaran jadi lebih efektif.
Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:19
Last Modified: 16 Jan 2024 02:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item
View Item