DEWI, ANGGRAENI KARTIKA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANGGRAENI KARTIKA DEWI 16310060.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Keberhasilan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika pada saat belajar sangat dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki
oleh masing-masing siswa, sehingga proses belajar dapat maksimal. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa
ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berdasarkan tahapan
pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun
ruang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan subjek yang digunakan
adalah siswa MTs Negeri 1 Semarang Kelas VII yang berjumlah 6 siswa, dimana
masing-masing siswa mewakili dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.
Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen angket gaya belajar, instrument
soal cerita pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa setiap siswa, baik yang mempunyai gaya belajar auditorial
memenuhi 4 dari 4 indikator, visual memenuhi 3 dari 4 indikator, ataupun kinestetik
memenuhi 3 dari 4 indikator mempunyai tingkat prestasi belajar dan kemampuan
pemecahan masalah matematika. Selain itu, diketahui pula bahwa semakin tinggi
tingkat prestasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:12 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/850 |