ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL SHAF KARYA IMA MADANI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

ANGGRAENI, DIAH DWI (2023) ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL SHAF KARYA IMA MADANI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Diah Dwi Anggraeni 19410015.pdf] Text
Diah Dwi Anggraeni 19410015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan analisis citra perempuan
dalam novel Shaf karya Ima Madani dan kaitannya sebagai bahan ajar di SMA.
Jenis kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka,
simak catat, dan kartu data. Analisis data dilaksanakan dengan metode penelitian
deskriptif dan data yang sudah terkumpul dianalisis secara instrinsik yang terdiri
dari tema, alur, tokoh, penokohan, dan latar. Kemudian untuk mengetahui citra
perempuan di dalam novel dianalisis memakai kritik sastra feminis dengan
langkah-langkah menurut Djajanegara (2000:51-54). Penyampaian hasil analisis
data dilaksanakan secara informal. Hasil penelitian ini adalah citra perempuan
dalam novel Shaf karya Ima Madani mencakup citra diri perempuan yang terdiri
dari citra fisik: sebagai seorang ibu dan citra psikis: sebagai perempuan yang
berpikir, berperasaan, dan beraspirasi. Citra sosial perempuan yang terdiri dari
citra perempuan dalam keluarga: sebagai seorang anak, seorang adik, perempuan
dewasa (yang pekerja keras, mandiri, sangat dewasa, memiliki semangat tinggi
dalam mencari uang untuk mencukupi kebutuhannya sendiri), sebagai seorang
istri dan citra perempuan dalam masyarakat: sebagai sekretaris di tempat kerjanya,
sebagai sekretaris di tim FOKUS (Forum Kepedulian Sesama), sebagai sahabat,
dan sebagai pembisnis Shaf Labels bersama timnya. Hasil analisis citra
perempuan tersebut dapat dijadikan bahan ajar di Sekolah Menengah Atas
khususnya dalam karya sastra yang menitik beratkan pada penguasaan mengkaji
unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya sastra (novel). Pada penelitian ini dapat
dijadikan bahan ajar karena memenuhi syarat prinsip bahan ajar sebagai
pembelajaran. Prinsip tersebut yaitu: prinsip relevansi, prinsip konsistensi, prinsip
kecukupan.
Kata kunci: citra perempuan, novel, kritik sastra feminis, relevansi bahan ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:08
Last Modified: 16 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item
View Item