ANALISIS KESULITAN BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DUREN KABUPATEN TEMANGGUNG

ANGGRAINI, ANGGITA LIA (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DUREN KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGITA LIA ANGGRAINI 19120337.pdf] Text
ANGGITA LIA ANGGRAINI 19120337.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran
kurikulum 2013 mewajibkan siswa sekolah dasar untuk mempelajari bahasa Inggris
sebagai mata pelajaran wajib yang harus di kuasai oleh siswa. Dikarenakan setiap
siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami dan menerima
materi pelajaran bahasa Inggris sehingga adanya berbagai kesulitan yang dihadapi
oleh siswa maupun guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa saja faktor
– faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris pada siswa
kelas II SD Negeri Duren Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas II SD Negeri Duren Kabupaten Temanggung. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, penyebaran angket,
dokumentasi dan tes. Prosedur analisis data menggunakan Teknik model interaktif
Miles & Hubermen (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan)
sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah berdasarkan wawancara dengan Guru pengampu
bahasa Inggris, hasil penyebaran angket / kuesioner kepada orang tua dan siswa
serta hasil tes hasil pekerjaan siswa kelas II SD Negeri Duren Kabupatem
Temanggung bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar
kosakata bahasa Inggris dalam menulis (writing) dan penguasaan kosakata dari 19
siswa sebanyak 12 siswa (63,15%) mengalami kesulitan khususnya dalam menulis
(writing) dan penguasaan kosakata. Dua faktor yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris yaitu faktor internal dan faktor
eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan dalam
penelitian ini adalah pada saat pembelajaran kosakata bahasa Inggris guru
diharapkan mempertimbangkan metode dan media pembelajaran yang lebih
bervariasi sesuai dengan minat siswa yang mengalami kesulitan belajar kosakata
bahasa Inggris. Guru pada saat menjelaskan pembelajaran bahasa Inggris harus bisa
lebih berinteraksi dengan siswa supaya pembelajaran tidak monoton. Selain itu guru
juga harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak
bosan ketika pembelajaran berlangsung dan siswa nyaman saat menerima materi
pembelajaran.
Kata kunci: kesulitan belajar, kosakata, pembelajaran bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:09
Last Modified: 16 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item
View Item