ANALISIS PENGARUH PRODUCT TASTE, MENU VARIETY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Geprek Makmun Batang)

NINGRUM, GALUH WIDIA (2023) ANALISIS PENGARUH PRODUCT TASTE, MENU VARIETY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Geprek Makmun Batang). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GALUH WIDIA NINGRUM 20816004.pdf] Text
GALUH WIDIA NINGRUM 20816004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel
product taste, menu variety, dan service quality terhadap variabel dependen
keputusan pembelian melalui harga sebagai variabel intervening. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen pada Geprek Makmun Batang yang jumlahnya
tidak dapat diketahui. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 orang yang merupakan hasil dari perhitungan rumus cochran.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner
melalui online survey. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS)
atau dengan bantuan alat SmartPls versi 4.0 sebagai teknik analisis data dengan
bentuk persamaan Struktural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini
mendapatkan hasil bahwa product taste memiliki pengaruh terhadap harga
dengan nilai P-Value sebesar (0.018). Menu variety memiliki pengaruh terhadap
harga dengan nilai P-Value sebesar (0.043). Service quality memiliki pengaruh
terhadap harga dengan nilai P-Value sebesar (0.000). Harga memiliki pengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.002). Product
taste memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value
sebesar (0.022). Menu variety tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan
pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.217). Service quality tidak memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.647).
Product taste tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui
harga dengan nilai P-Value sebesar (0.060). Menu variety tidak memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga dengan nilai P-Value
sebesar (0.124). Service quality memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian
melalui harga dengan nilai P-Value sebesar (0.007). Kesimpulan dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa Product taste berpengaruh positif terhadap harga. Menu
variety berpengaruh positif terhadap harga. Service quality berpengaruh positif
terhadap harga. Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Product
taste berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Menu variety tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Service quality tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Product taste tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian melalui harga. Menu variety tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian melalui harga pada konsumen Geprek Makmun Batang.
Kata Kunci: Product Taste, Menu Variety, Service Quality, Harga, Keputusan
Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:00
Last Modified: 16 Jan 2024 02:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item
View Item