PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA DARI BERBAGAI GAYA BELAJAR

Hidayah, Arifa Fitriani (2023) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA DARI BERBAGAI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Arifa Fitriani Hidayah 19310049.pdf] Text
Arifa Fitriani Hidayah 19310049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan representasi
matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dari berbagai gaya belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
yang diambil dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari 30 siswa kelas VIII F di
SMPN 1 Sedan yang masing-masing mempunyai kriteria gaya belajar visual,
auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan
gaya belajar visual memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu
representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan
representasi kata-kata atau teks tertulis dan mampu mengerjakan soal dengan baik.
Serta mampu menyajikan permasalahan kedalam bentuk gambar kemudian
menuliskan persamaan atau model matematis secara tertulis dengan menggunakan
kata-katanya sendiri. Sedangkan subjek dengan gaya belajar auditori memenuhi
semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual, representasi
persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau teks tertulis dan
mampu mengerjakan soal dengan baik. Serta mampu menyajikan permasalahan
kedalam bentuk gambar kemudian menuliskan persamaan atau model matematis
secara tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri namun belum sesuai
dengan yang diinginkan oleh peneliti. Dan subjek dengan gaya belajar kinestetik
memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual,
representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau
teks tertulis dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Serta mampu menyajikan
permasalahan kedalam bentuk gambar kemudian menuliskan persamaan atau
model matematis secara tertulis dengan menggunakan kata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:32
Last Modified: 16 Jan 2024 01:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item
View Item