PENERAPAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

AMALIA, ANA (2023) PENERAPAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANA AMALIA 19410064.pdf] Text
ANA AMALIA 19410064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ana Amalia, NPM 19410064. Penerpan Media Powtoon dalam
Pembelajaran Menulis Teks Resensi Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA N 1
Rowosari Kabupaten Kendal. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1 Dr. Asropah , M.Pd dan Pembimbing
2 Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd.
Juni 2023.
Kata Kunci: penerapan, media powton, menulis teks resensi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang tidak antusias dan
tidak bersemangat pada saat mengikui pembeajaran di dalam kelas. Hal tersebut
dikarenakan guru yang mengajar di dalam kelas hanya menggunakan metode
ceramah saja pada saat menyampaikan materi. Untuk itu diterapkannya media
Powtoon sebagai pembaharuan media pembelajaran bertujuan untuk peserta didik
antusias dan aktif pada saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimanakah penerapan
media Powtoon dalam pembelajaran menulis teks resensi peserta didik kelas XI
MIPA 2 SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2022/2023..
Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan hasil penerapan media
Powtoon dalam pembelajaran menulis teks resensi peserta didik kelas XI MIPA 2
SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik tes yang
dilakukan dalam penelitian ini berupa lembar soal yang diberikan kepada peserta
didik dengan perintah untuk membuat teks resensi sesuai dengan sistematika dan
kaidah kebahasaan dengan tepat secara individu. Sedangkan teknik non tes berupa
lembar observasi dan wawancara yang diberikan kepada guru mata pelajaran
Bahasa Indonesia dan peserta didik.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Powoon dapat
diterapkan dalam pembelajaran menulis teks resensi pada peserta didik kelas XI
MIPA
2
SMA
N
1
Rowosari
Kabupaten
Kendal
tahun
pelajaran
2022/2023.menulis teks resensi dengan baik sesuai dengan sistematika dan kaidah
kebahasaan teks resensi, peserta didik dapat berperan aktif di dalam kelas, peserta
didik memiliki antusias yang tinggi, dan peserta didik tidak merasa bosan serta
jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil tes, observasi
dan wawancara dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat mencapai nilai di
atas KKM dengan nilai rata-rata 83 dari jumlah 36 peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:05
Last Modified: 15 Jan 2024 08:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item
View Item