KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL

Aufar, Ahmad Abror (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ahmad Abror Aufar 15310183.pdf] Text
Ahmad Abror Aufar 15310183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui gaya belajar visual siswa
dalam mengerjakan soal PISA ditinjau dari gaya belajar visual di kelas VIII MTs
Darul Ulum Bandungharjo, 2) untuk mengetahui deskripsi kemampuan literasi
matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gaya
belajar visual di kelas VIII MTs Darul Ulum Bandungharjo.
Penelitian ini dilakukan di MTs Darul ULum Bandungharjo. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah
siswa kelas VIII MTs tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 3 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes tertulis, tes wawancara,
dan angket(kuisioner). Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan
Keabsahan Data yaitu menggunakan Triangulasi Waktu. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa 1) gaya belajar visual diperoleh rata-rata sebesar 69,95
dengan kriteria tinggi. gaya belajar visual ini mendominasi tingkat literasi siswa.
Siswa lebih banyak mempunyai gaya belajar visual. 2) LIterasi matematika siswa
pada hasil belajar siswa diperoleh bahwa : a) Literasi Matematika DSR (Subjek
dengan Gaya Belajar Visual), Gaya belajar DSR diperoleh rata-rata sebesar 40
dengan kriteria rendah. Gaya belajar visual ini mendominasi tingkat literasi
siswa. Siswa lebih banyak mempunyai gaya belajar visual. Penentuan ini dilhat
dari hasil angket gaya belajar siswa sesuai dengan indikator gaya belajar yang
digunakan. Hasil subjek dengan gaya belajar visual ini siswa dapat memahami
masalah berdasarkan soal yang diberikan, b) literasi Matematika AM (Subjek
dengan Gaya Belajar Visual Sedang), gaya belajar visual pada subjek AM
diperoleh rata-rata sebesar 59 dengan kriteria cukup. Pada gaya belajar visual ini
siswa AM menjawab soal mempunyai gaya belajar visual yang lebih unggul.
Gaya belajar ini siswa dapat cenderung dapat mengungkapkan hasil belajarnya
dengan mudah dengan membaca soal terlebih dahulu. Siswa AM ini lebih
mengutamakan indera penghilatan sehingga dalam menuliskan hasil pekerjaan,
cenderung masih kurang lengkap, c) Literasi Matematika NMZ (Subjek dengan
Gaya Visual Tinggi). Gaya belajar visual tinggi pada subjek NMZ diperoleh rata
rata sebesar 70 dengan kriteria tinggi. Gaya belajar visual tinggi pada subjek
NMZ diperoleh rata-rata sebesar 70 dengan kriteria tinggi. Pada gaya belajar
visual ini siswa NMZ menjawab soal mempunyai gaya belajar visual yang lebih
unggul.
Kata kunci : Analisis Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Visual
Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:37
Last Modified: 15 Jan 2024 07:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item