Navis, Ahmad Akbar (2023) ANALISIS LAYANAN FASILITAS TERMINAL PENGGARON SEMARANG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AHMAD AKBAR NAVIS 19640046.pdf
Download (4MB)
Abstract
Terminal Penggaron adalah terminal tipe B di kawasan Kecamatan Pedurungan yang
melayani jurusan seperti Mangkang, Karang Ayu, Solo, Wonosobo, Kebumen, Cepu,
Purwodadi, dan kota atau kabupaten dalam provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini
bertujuan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan fasilitas
di Terminal Penggaron. Untuk mengetahui tingkat layanan di terminal Penggaron
dengan metode importance perfomance analysis (IPA). Penelitian ini telah dilakukan
di terminal tipe-B Penggaron selama dua minggu, minggu pertama penyebaran
kuesioner pada responden dilakukan hari senin dan minggu pada pagi pukul 07:00-
10:00 WIB dan sore pukul 16:00-18:00 WIB. Penelitian ini termasuk kedalam
penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data
menggunakan data primer yaitu data yang didapat dari jawaban para responden
terhadap pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Dan data sekunder dari studi
pustaka berupa dokumen, peraturan perundang-undangan, jurnal, karya ilmiah, data
pendukung yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil
pengolahan data dan analisis diperoleh hasil faktor-faktor yang mempengaruhi
pengelolaan fasilitas di Terminal Penggaron yaitu adanya fasilitas utama dan
penunjang. Sedangkan fasilitas yang belum tersedia di Terminal Penggaron yaitu
ruang terbuka hijau dan tempat penitipan barang. Kemudian hasil menggunakan
mentode Importance Performance Analisys (IPA) dalam diagram kartesius layanan
fasilitas di terminal bus Penggaron dominan berada pada kuadran 2 yaitu
menunjukkan antara harapan dan kenyataan tinggi serta kuadran 4 yang berarti
harapan dari penggunaan rendah dan kenyataannya tinggi. Namun terdapat sebagian
kecil layanan fasilitas yang berada di kuadran yang berarti harapan dari pengguna
tinggi tetapi kenyataannya rendah. Jadi berdasarkan penilaian pengguna layanan di
terminal Penggaron sudah cukup baik.
Kata Kunci: Tingkat Layanan, Pengguna, Terminal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:13 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/759 |