Qurni, Alda Al (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Alda Al Qurni 16310129.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan
representasi matematis siswa tunagrahita dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau
dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang
diambil adalah tiga siswa tunagrahita yang memiliki gaya belajar visual dan tiga
siswa tunagrahita yang memiliki gaya belajar kinestetik. Data dikumpulkan melalui
angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan daya menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan data hasil
tes tertulis dengan data hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan
indikator kemampuan representasi matematis dengan memperhatikan gaya belajar
yang dimiliki oleh siswa tunagrahita. Kesimpulan pada penelitian ini adalah subjek
dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan representasi visual yang sangat
tinggi, kemampuan representasi simbolik sedang, dan kemampuan representasi
verbal yang rendah. Sementara subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki
kemampuan representasi simbolik tinggi, kemampuan representasi visual sedang,
dan kemampuan representasi verbal yang rendah.
Kata kunci : kemampuan representasi, siswa tunagrahita, soal cerita, gaya belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/749 |