PROFIL PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 TAYU PATI DI MASA PANDEMI COVID-19

Zulfah, Aimmatuz (2023) PROFIL PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 TAYU PATI DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Aimmatuz Zulfah 17320057.pdf] Text
Aimmatuz Zulfah 17320057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam
kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan
adanya pandemi Covid - 19 membuat pemerintah memberikan kebijakan terkait
pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran yang mengharuskan
dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan profil pembelajaran mata pelajaran biologi yang meliputi minat,
kendala dan alternatif belajar mengajar selama pembelajaran daring pada masa
pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Tayu Pati. Penelitian ini termasuk ke dalam
jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian
diperoleh dari jawaban 4 guru yang diwawancara tentang pelaksanaan proses
pembelajaran biologi daring, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan dari 750
siswa yang mengisi angket tentang problem pembelajaran biologi daring. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pendapat antara guru dan siswa
terkait minat belajar mengajar poin pembelajaran dapat diterima dengan baik,
guru masih merasa kurang saat menerima hasil tes secara lisan melalui video call
yang ditunjukkan dalam presentase 56,3% yang mana termasuk ke dalam kategori
kurang baik, sedangkan siswa sudah merasa dapat menerima materi dengan baik
yang ditunjukkan dalam presentase 74,1% yang masuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa SMA
Negeri 1 Tayu Pati mengalami kendala yaitu kendala penyampaian dan
penerimaan materi biologi, kendala tersebut dipengarui dari faktor guru yang
mana kurang tersampaikannya RPP yang sudah dirancang dan juga siswa itu
sendiri yang dipengarui oleh masalah psikologi dari siswa. Kendala – kendala
tersebut harus segera diatasi salah satunya untuk mengatasi kendala yaitu dengan
lebih mematangkan RPP dan juga memantau siswa baik fisik maupun mental.
Kata Kunci : Covid-19, Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:34
Last Modified: 15 Jan 2024 06:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item
View Item