Anggraeni, Febrilia and UNSPECIFIED (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KARANGAWEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FEBRILIA ANGGRAENI 16119001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini diadakan adalah 1. Mengetahui perang guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Karangawen, 2. Mengetahui bagaimana bimbingan dan konseling dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Karangawen, 3. Mengetahui faktor hambatan dan faktor pendukung dalam memotivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Karangawen.
Penelitian kualitatif ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi, subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan peserta didik. Hasil yang diperoleh darto penelitian ini adalah : 1) Layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Karangawen sudah tergolong cukup baik dikarenakan guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Karangawen selalu membuat perencanaan layanan berdasarkan kebutuhan peserta didik yaitu meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 2 Karangawen tahun ajaran 2022/2023, serta guru bimbingan dan konseling menggunakan berbagai media ajar seperti video tentang orang-orang sukses. 2) Peran guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Karangawen dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sangat penting dan selalu diharapkan oleh peserta didik, dikarenakan motivasi belajar dari seorang guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Karangawen dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan penyemangat peserta didik untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam belajarnya. 3) Hal yang mendukung dan menghambat peserta didik dalam meningkatkan moivasi belajar terdapat 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi peserta didik diharapkan selalu aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta selalu aktif dalam kegiatan pelaksanaan bimbingan dan konseling sehingga peserta didik dapat memecahkan masalah belajarnya dan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya. 2) Bagi para guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling, sehingga dapat tercapai tujuannya yaitu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 3) Bagi wali kelas 8 diharapkan dapat lebih perhatian kepada peserta didiknya yang lebih membutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya dan dapat berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling dan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:46 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/734 |