KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI METAKOGNITIF PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM

Savira, Agnes Melly (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI METAKOGNITIF PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Agnes Melly Savira 19310006.pdf] Text
Agnes Melly Savira 19310006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dintinjau Dari Metakognitif Pada Setting
Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM. Penelitian
ini
dilakukan karena kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari metakognitif
yang masih rendah. Model pembelajaran project based learning terintegrasi
STEM menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa
ditinjau dari metakognitif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Jepara tahun ajaran 2022/2023. Sampel dari penelitian ini
adalah kelas VIII-E dan kelas VIII-G yang diambil dengan teknik cluster random
sampling. Desain penelitian yang digunakan ialah Posttest-Only Control Group
Design. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan
memberikan angket metakognitif, tes tertulis berpikir kreatif, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari metakognitif siswa tinggi pada
setting pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dengan pembelajaran konvensional.
(2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari
metakognitif siswa sedang pada setting pembelajaran PjBL terintegrasi STEM
dengan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa ditinjau dari metakognitif siswa rendah pada setting
pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dengan pembelajaran konvensional. (4)
Pada setting pembelajaran PjBL terintegrasi STEM, kemampuan berpikir kreatif
siswa tinggi memiliki metakognitif tinggi, kemampuan berpikir kreatif siswa
sedang memiliki metakognitif sedang, kemampuan berpikir kreatif siswa rendah
memiliki metakognitif rendah.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif Matematis, Metakognitif, PjBL Terintegrasi STEM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:28
Last Modified: 15 Jan 2024 04:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item
View Item