PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM POSSING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

MH, Achmad Bahrul Huda (2023) PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM POSSING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Achmad Bahrul Huda MH 19310001.pdf] Text
Achmad Bahrul Huda MH 19310001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan digital book augmented reality
berbasis problem possing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP
yang valid atau layak, praktis dalam penggunaanya, serta efektif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam proses pembelajaran.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan pengembangan
Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Analisis data
yang digunakan yaitu dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji N-Gain, Uji
Independent Sample T-Test, dan Uji One Sample T-Test. Kesimpulan yang
didapat dalam penelitian ini yaitu; (1) Pengembangan digital book augmented
reality berbasis problem possing pada materi bangun ruang sisi datar untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah berkriteria valid atau layak untuk
digunakan dalam kegiatan pembelajaran menurut ahli media, ahli materi, dan ahli
desain pembelajaran; (2) Berdasarkan uji coba lapangan, rata- rata hasil belajar
pada kelas eksperimen yang menggunakan digital book augmented reality lebih
baik dibandingkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen telah mencapai
ketuntasan belajar, sedangkan kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar.
Untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 43,60% yang
termasuk dalam kategori sedang, pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil
belajar sebesar 30,76% juga termasuk dalam katergori sedang. Hal ini dapat
dikatakan bahwa digital book augmented reality pada materi bangun ruang sisi
datar efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
bagi siswa; (3) Hasil penilaian digital book augmented reality pada materi bangun
ruang sisi datar, berdasarkan tanggapan siswa berjumlah 32 siswa adalah nilai
berupa angket terhadap media sebesar 93,13%. Persentase tersebut kemudian
dikonversikan menjadi kriteria kualitas sehingga dapat disimpulkan bahwa digital
book augmented reality termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat praktis
dalam penggunaanya.
Kata Kunci: Augmented Reality, Pengembangan Digital Book, Problem Possing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:53
Last Modified: 15 Jan 2024 02:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item
View Item