PENGARUH PENGELOLAAN DAN LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA N 1 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL

Sya’roni, Abdullah (2023) PENGARUH PENGELOLAAN DAN LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA N 1 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Abdullah Sya’roni 19220004.pdf] Text
Abdullah Sya’roni 19220004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abdullah Sya’roni, “Pengaruh Pengelolaan dan Pelayanan Terhadap Minat
Kunjung Siswa di SMA N 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal”. Program Studi
Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian berikut dilatarbelakangi oleh
menurunnya peminjaman buku dan kunjungan siswa di perpustakaan, hal tersebut
didasari kurangnya dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang kurang
maksimal. Seperti pengelolaan yang masih dilakukan secara manual belum
menggunakan cara digital, penataan koleksi pustaka yang kurang rapih, fasilitas
sarana dan prasana yang ada di perpustakaan belum dikelola secara optimal, masih
kurangnya sumber daya manusia/tenaga pengelola perpustakaan, belum optimalnya
pelayanan perpustakaan, dan masih terbatasnya ruang baca di perpustakaan bagi
siswa. Hal tersebut diduga menyebabkan kurangnya minat kunjung siswa di
perpustakaan
Metode dalam penelitian yang diambil adalah kuantitatif. Pendekatan yang
digunakan deduktif diambil dalam penelitian ini. Alat bantu SPSS 25.0 for
Windows digunakan sebagai perangkat lunak pengolah data, dan metode yang
digunakan adalah regresi linear berganda. Dalam penelitian ini digunakan random
sampling untuk pengambilan sampel, instrumen penelitian digunakan untuk
pengumpulan data, dan analisis data statistik digunakan untuk menguji hipotesis
yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang pernah
berkunjung ke perpustakaan SMA Negeri 1 Kaliwungu sebanyak 1052 orang.
Sampel penelitian sebanyak 290 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus
Slovin.
Hasil dilakukannya penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji regresi linear
berganda menunjukkan bahwa manajemen berpengaruh positif terhadap minat
mahasiswa berkunjung ke perpustakaan, dengan nilai thitung masing-masing
sebesar 2,507 dan 1,968, dan pelayanan berpengaruh positif terhadap minat
mahasiswa berkunjung ke perpustakaan, dengan thitung nilai ttabel masing-masing
15,262 dan nilai ttabel 1,968, dan melalui uji simultan (Uji-F), manajemen dan
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa berkunjung ke
perpustakaan. Nilai Fhitung 245,501, nilai Ftabel 3,02, dan tingkat signifikansi
0,000 lebih kecil dari 0,05 ditentukan dengan uji simultan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengelolaan dan pelayanan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung siswa di
perpustakaan SMA N 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Kata Kunci: Pengelolaan, layanan, dan minat kunjung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:50
Last Modified: 15 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item