DAMAYANTI, FITA DWI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI PADA PESERTA DIDIK KELAS 9 SMP N 3 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FITA DWI DAMAYANTI 19410068.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran Teks Diskusi pada peserta didik kelas 9 SMP
N 3 Kendal tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deksriptif yang didukung dengan data kuantitatif (campuran). Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang berupa angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian data dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode formal dan informal. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa model Problem Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran Teks
Diskusi pada peserta didik kelas 9 SMP N 3 Kendal. Berdasarkan hasil tes,
wawancara, observasi, dan angket, model Problem Based Learning mampu
meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran Teks Diskusi,
mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, mampu
menjadikan peserta didik semakin aktif dalam proses pembelajaran, serta dapat
menjadikan suasana kelas menjadi lebih kondusif.
Kata kunci: problem based learning, penerapan, teks diskusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:05 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/677 |