SITEPU, MARTIN (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MARTIN SITEPU 21510013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sitepu, Martin. 2023. “Impelementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah
dalam Peningkatan Mutu Sekolah Di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang”.
Tesis. Pembimbing I Dr.Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd dan Pembimbing II
Dr. Rosalina Br. Ginting, M.Si.
Fokus penelitian ini adalah supervisi akademik kepala sekolah dalam
peningkatan mutu sekolah di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Tujuan
penelitian ini sejalan dengan subfokus penelitian: mendeskripsikan perencanaan
supervisi akademik dalam peningkatan mutu SD Hj. Isriati Baiturrahman 1
Semarang, mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan
mutu SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, mendeskripsikan evaluasi
supervisi akademik dalam peningkatan mutu SD Hj. Isriati Baiturrahman 1
Semarang dan mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik dalam
peningkatan mutu SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitianya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data
meliputi wawancara, observasi, dan penelusuran dokumen. Adapun analisis data
ditempuh melalui proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, triangulasi, dan
konfirmabilitas.
Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian ini maka dapat
disimpulkan sebagaimana berikut ini: 1) Perencanaan supervisi akademik yang
dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengawali melalui rapat bersama seluruh
dewan guru pada awal tahun pelajaran. Setelah itu membentuk tim supervisi,
Menyusun program supervisi dan tim menetapkan tujuan, sasaran, instrumen,
dan jadwal supervisi akademik kemudian mensosialisasikannya kepada guru. 2)
Pelaksanaan supervisi akademik yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah
adalah bentuk apresiasi serta inovasi guru dalam mengajar. Kepala sekolah
memperhatikan seluruh kelengkapan administrasi yang akan di
pertaggungjawabkan. Kepala sekolah melakukan dan merevisi perkembangan
guru dalam mempersiapkan administrasi. 3) Evaluasi dilakukan kepala sekolah
dan tim supervisi menganalisis kelengkapan dan kesesuaian administrasi guru,
keunggulan serta kelemahan guru dalam mengajar. 4)Tindak lanjut supervisi
akademik yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui banyak tahapan
seperti halnya memberikan motivasi, evaluasi, bimbingan dan arahan serta
menentukan tindak lanjut berupa pembinaan guru dan pertimbangan untuk
program peningkatan mutu sekolah di tahun pelajaran selanjutnya seperti IHT,
pelatihan dan workshop bahkan studi banding ke luar negri.
Berdasarkan temuan tersebut, maka disarankan kepala sekolah dapat
menjadikan supervisi akademik sebagai prioritas pada penyusunan program
sekolah sehingga mutu sekolah terus semakin meningkat.
Kata Kunci: mutu sekolah, supervisi akademik, implementasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:26 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/647 |