IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA APLIKASI PENGENALAN ENERGI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

AJHARA, SERLI AGNES (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA APLIKASI PENGENALAN ENERGI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SERLI AGNES AJHARA 19670072.pdf] Text
SERLI AGNES AJHARA 19670072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pengenalan Energi merupakan hal yang sangat penting dan perlu untuk diketahui sejak kecil. Pembelajaran Pengenalan Energi dengan menerapkan teknologi masa kini yaitu Augmented Reality (AR) adalah inovasi digital yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan pengalaman yang lebih interaktif. AR adalah teknologi interaktif yang dapat menampilkan objek 2D menjadi 3D atau terlihat seperti nyata. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi Android Mobile Learning berbasis AR, khususnya "Pengenalan Energi" untuk siswa sekolah dasar, dengan studi kasus di SD N Jipang 05. Proses pengembangan aplikasi mengikuti metode Waterfall yang mencakup tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian adalah aplikasi bernama "Malgi - Mari Mengenal Energi," yang memanfaatkan AR dan kuis dengan algoritma Linear Congruential Generator (LCG) untuk menciptakan pertanyaan acak. Aplikasi ini telah diuji dengan berbagai metode termasuk menggunakan pengujian Black box dengan presentase ketercapaian sebesar 100%, pengujian White Box dengan presentase ketercapaian sebesar 100% dan pengujian (UAT) berdasarkan aspek desain memiliki hasil presentase sebesar 100%, berdasarkan aspek materi 100% dan berdasarkan aspek penggunaan memiliki hasil presentase sebesar 98,7%, maka hasil dapat dikategorikan layak digunakan. Dengan aplikasi ini, diharapkan pengenalan energi menjadi lebih menarik dan efektif bagi siswa sekolah dasar. Penggunaan AR memungkinkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, sementara kuis dan algoritma LCG memastikan pemahaman konsep energi. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat pendidikan yang efektif dan mendukung perkembangan pemahaman siswa sejak dini.
Kata Kunci : Energi, Augmented Reality, Linear Congruential Generator, Android, Teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:33
Last Modified: 09 Jan 2024 03:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item
View Item