PENGEMBANGAN MEDIA KALIMBA (PERKALIAN DAN PEMBAGIAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

RAHMAWATI, ROSSA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KALIMBA (PERKALIAN DAN PEMBAGIAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ROSSA RAHMAWATI 19120397.pdf] Text
ROSSA RAHMAWATI 19120397.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minimnya media pembelajaran yang digunakan guru untuk menjelaskan konsep perkalian dan pembagian. Guru juga menegaskan masih banyak siswa yang memperoleh nilai matematika di bawah KKM. Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan mengakibatkan siswa kurang antusias dengan pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini 1) Mengetahui cara pengembangan media KALIMBA (perkalian dan pembagian) untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar 2) Mengetahui kevalidan dan kepraktisan media KALIMBA (perkalian dan pembagian) untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan di SD Islam Taqwiyatul Wathon Kec. Semarang Utara Kota Semarang pada tanggal 5,7,12 September 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A sebanyak 20 siswa yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II B sebanyak 20 siswa yang digunakan sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, angket, dan tes.
Hasil penilaian media KALIMBA di peroleh dari angket validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa terhadap media, dan hasil pretest postest. Penilaian dari ahli media diperoleh presentase sebesar 99% dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian ahli materi diperoleh presentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak digunakan. Angket respon siswa terhadap media diperoleh presentase sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis. Hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media KALIMBA layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah supaya media KALIMBA dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan matari konsep perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:21
Last Modified: 09 Jan 2024 03:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item
View Item