PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PUKULAN LURUS DEPAN PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 PULOSARI TAHUN AJARAN 2021/2022

Santoso, Reki Alfian (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PUKULAN LURUS DEPAN PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 PULOSARI TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Reki Alfian Santoso 17230122.pdf] Text
Reki Alfian Santoso 17230122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dan siswi di SMPN 2 Pulosari tentang materi pencak silat pada teknik pukulan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan mudak di pahami oleh peserta didik, sehingga hasil belajar yang di miliki oleh siswa kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual dan media audiovisual dalam pembelajaran pencak silat.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu, dengan design penelitian two group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 2 Pulosari. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode random sampling, sehingga di ambil dua kelas pada penelitian ini, yakni kelas VII A dan kelas VII B yang berjumlah 36 siswa di masing-masing kelas, sehingga total sampel yang di gunakan berjumlah 72 siswa. Uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test di peroleh hasil perhitungan uji t untuk media visual dan audiovisual nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,68 > 0,05 untuk taraf siginifikasi 5% maka Ha di tolak dan Ho di terima. Sedangkan hasil post-test di peroleh perhitungan uji-t untuk media visual dan audiovisual nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,003 < 0,05 maka dapat di nyatakan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar penjaskes pada kelompok visual diperoleh nilai rerata nilai pretest sebesar 70,44 dan nilai post test sebesar 81,56 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50, sedangkan kelompok Audiovisual dengan menggunakan metode audiovisual memiliki nilai rerata pre-test sebesar 66,56 dan nilai post-test sebesar 80,33 dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 50.
Kesimpulannya adalah (1) Ada pengaruh media visual terhadap hasil belajar pencak silat di SMPN 2 Pulosari. (2) Ada pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar pencak silat di SMPN 2 Pulosari (3) Media audiovisual lebih berpengaruh di bandingkan media visual terhadap hasil belajar pencak silat di SMPN 2 Pulosari. Saran dari peneliti yaitu pengunaan media pembelajaran visual dan audiovisual dalam proses belajar pencak silat pada mata pelajaran PJOK dapat di perbanyak, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media Visual, Media Audiovisual, Hasil Belajar Pencak Silat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:53
Last Modified: 09 Jan 2024 01:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item