Damarjati, Rahardian (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOROTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rahardian Damarjati 18230195.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap teknik-teknik dasar bola voli salah satunya servis bawah, kebiasaan guru yang memberikan materi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan guru hanya memberikan intruksi secara langsung, dan nilai pembelajaran servis bawah bola voli yang masih banyak dibawah KKM (75) yaitu berjumlah 12 siswa sedangkan yang diatas KKM (75) atau tuntas berjumlah 13 siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar servis bawah permainan bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoroto.
Jenis penilitian yang digunakan peneliti dalam penilitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan desain adalah one group pre-test – post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Wonoroto dengan metode pengambilan sempel jenuh (semua populasi dijadikan sempel) yaitu berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test servis bawah bola voli. Teknik analisis statitistik data dengan uji-t.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran servis bawah permainan bola voli, mengalami peningkatan sebesar 8,76%. Peningkatan dapat dilihat dari hasil mean pretest sebesar 75,6000 menjadi posttest sebesar 84,3600. Uji hipotesis Paired Sample TTest pada data pretest dan data posttest diperoleh nilai Sig.(0,000) < ɑ (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah permainan bola voli pada siswa. Dengan presentasi kenaikan hasil belajar sebesar 8,76%.
Saran dari peneliti untuk peneliti selanjutkan adalah untuk bisa mengembangkan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar materi PJOK lainnya.
Kata Kunci : Problem Solving, Servis Bawah Bola Voli, Pembelajaran PJOK.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 01:49 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 01:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/624 |