WAHYUNINGSIH, PUTRI (2023) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL DAN GOTONG-ROYONG DI SMP NEGERI 39 SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PUTRI WAHYUNINGSIH 20510215.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah
berakhir, sehingga menghasilkan perbaikan kualitas yang berkesinambungan yang
ditujukan pada terwujudnya sosok manusia masa depan. Pendidikan karakter
menekankan pada keteladanan, penciptaan lingkungan, dan pembiasaan melalui
berbagai tugas keilmuan dan kegiatan kondusif. Tujuan Penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana manajemen penguatan pendidikan karakter di SMP
Negeri 39 Semarang.
Penguatan Pendidikan Karakter berkebinekaan global dan gotong-royong
di SMP Negeri 39 Semarang sangat terkait dengan manajemen sekolah.
Manajemen penguatan pendidikan karakter peserta didik meliputi: (1) Tahap
perencanaan penguatan pendidikan karakter; (2) Tahap pengorganisasian pen-
guatan pendidikan karakter; (3) Tahap pelaksanaan penguatan pendidikan
karakter; (4) dan Tahap pengawasan penguatan pendidikan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul
dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi melalui beberapa informan yaitu: kepala sekolah, guru dan peserta
didik. Sedangkan untuk menguji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan
menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi
( sumber dan teknik ), dan member chek.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
penguatan Pendidikan karakter di SMP Negeri 39 dilaksanakan pada empat
kegiatan utama yaitu: kegiatan pembelajaran, kegiatan Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila ( P5), kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan pembiasaan. Mana-
jemen Penguatan Pendidikan karakter Berkebinekaan Global dan gotong-royong
di SMP Negeri 39 Semarang terdiri dari: perencanaan penguatan pendidikan
karakter berkebinekaan global dan gotong-royong, pengorganisasian penguatan
pendidikan karakter berkebinekaan global dan gotong-royong, pelaksanaan pen-
guatan pendidikan karakter berkebinekaan global dan gotong-royong, dan
pengawasan penguatan pendidikan karakter berkebinekaan global dan gotong-
royong dengan hasil menyatakan bahwa peserta didik dapat menjalankan
perannya sebagai warga negara yang baik dengan cara tetap berperan dalam peles-
tarian budaya Jawa melalui tekad kebersamaan yang diwujudkan dengan ber-
gotong-royong dalam semua aspek kegiatan yang ada di sekolah.
Kata Kunci Manajemen, Pendidikan Karakter, Berkebinekaan Global, Gotong-Royong
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:23 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/621 |