HIDAYAH, Nur (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH PENGGERAK DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT 06 LANJI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Nur Hidayah 20510231.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena TK Muslimat 06 Lanji
yang mempunyai keunggulan yaitu menjadi satu-satunya sekolah penggerak di
kecamatan Patebon. Sehingga Kurikulum Operasional Sekolah yang digunakan
adalah kurikulum Merdeka. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari peran
kepala sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan dan
menganalsis peran kepala sekolah sebagai manager dalam implementasi
kurikulum operasional sekolah penggerak di TK Muslimat 06 Lanji,
2)Mendiskripsikan dan menganalsis peran kepala sekolah sebagai pengembang
kewirausahaan dalam implementasi kurikulum operasional sekolah penggerak di
TK Muslimat 06 Lanji, dan 3) Mendiskripsikan dan menganalsis peran kepala
sekolah sebagai supervisor dalam implementasi kurikulum operasional sekolah
penggerak di TK Muslimat 06 Lanji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di
TK Muslimat 06 Lanji kecamatan Patebon, dilakukan pada bulan juli-agustus
2023. Langkah penelitian meliputi : 1) menyusun rencana penelitian, 2) memilih
lapangan penelitian, 3) mengurus perijinan, 4) Menjajaki dan menilai lapangan, 5)
Memilih dan memanfaatkan informasi, 6) Menyiapkan perlengkapan penelitian.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data:
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan
adalah interaktif model dari Miles, Huberman yang meliputi: pengumpulan
data,kondensasi data,penyajian data dan penarikan simpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan uji kredibility, transferability, dependability, dan
konfirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran kepala sekolah sebagai
manager sudah dilaksanakan dengan baik oleh kepala sekolah, dengan
perencanaan dan pengembangan kurikulum,visi misi yang jelas,pengelolaan
sumber daya dan pemantauan efektifitas kurikulum (2) Peran kepala sekolah
sebagai pengembang kewirausahaan sudah dilakukan melalui marketday. (3)
Peran kepala sekolah sebagai supervisi juga telah dilakukan dengan baik yaitu
menyusun perencanaan supervisi,penilaian kinerja guru secara rutin dan evaluasi
hasil penilaian kinerja guru serta tindak lanjut hasil evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum operasional Sekolah
penggerak di TK Muslimat 06 Lanji sudah dilaksanakan dengan baik.
Kata kunci: Kurikulum Operasional Sekolah, Peran Kepala sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/618 |