Arief, Mohamad (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI SUB RAYON BATANG BARAT KABUPATEN BATANG. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Mohamad Arief 20510113.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini terkait dengan kinerja guru SMA
Negeri Sub Rayon Batang Barat Kabupaten Batang yang kurang baik dalam
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar.
Keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah belum mampu
optimal meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan penjelasan di atas, maka
dilaksanakan penelitian pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan
iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri Sub Rayon Batang Barat
Kabupaten Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kompetensi
manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) Pengaruh iklim kerja sekolah
terhadap kinerja guru, (3) Pengaruh secara simultan kompetensi manajerial kepala
sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru.
Populasi 196 orang, sampel sebanyak 130 orang. Uji instrumen yang
digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik/prasyarat
menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan uji regresi, uji F (ANOVA) dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru SMA Negeri sub rayon Batang terbukti dengan nilai Sig
sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 10,633 > t tabel 1,979. Besarnya pengaruh X1
terhadap Y yaitu 46,9 %; (2) iklim kerja sekolah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri sub rayon Batang barat terbukti
dengan nilai Sig 0,005 < 0,05 dan t hitung 4,273 > t tabel 1,979. Besarnya pengaruh X1
terhadap Y yaitu 12,5 %; (3) keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim
kerja sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja
guru terbukti dengan nilai F hitung 60,099 > F tabel 3,070 dengan tingkat signifikansi
0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh X1 dan X2 sebesar 48,6 %.
Saran yang diajukan peneliti adalah: (1) bagi kepala sekolah, diharapkan
terus meningkatkan keterampilan manajerialnya, dengan cara terbuka terhadap
kritik, saran, tanggapan, memberikan motivasi, dan menerapkan teknik coaching
bagi guru dengan kinerja kurang baik; (2) bagi guru, disarankan untuk
meningkatkan kinerjannya dengan membuat perencanaan, pelaksanaan, sampai
evaluasi kegiatan pembelajaran dengan baik, bertukar pikiran/praktik baik
bersama, dan mengikuti seminar/workshop untuk meningkatkan kompetensi.
Kata kunci: kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim kerja, kinerja guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:02 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/612 |