PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SUB RAYON 3 TEMANGGUNG

Minawati, Madinatun (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SUB RAYON 3 TEMANGGUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Madinatun Minawati  21510082.pdf] Text
Madinatun Minawati 21510082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kinerja guru dapat dimaknai sebagai kemampuan guru dalam
melaksanakan tugasnya sebagai pengajar yang memiliki keahlian mendidik
peserta didik dalam rangka pembinaan peserta didik untuk tercapainya
tujuan dari sebuah institusi pendidikan. Tujuan penelitian ini diantaranya
adalah (1) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah
terhadap kinerja guru; (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja guru; (3) mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap guru; dan
(4) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, motivasi
kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP
Negeri di Sub Rayon 3 Temanggung yang berjumlah 322 guru. Sementara
sampel penelitian berjumlah 178 guru yang tersebar di 11 sekolah.
Kemudian metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket).
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis
regresi, uji analisis, dan uji hipotesis menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan (1) supervisi akademik kepala sekolah
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil
nilai t hitung > t tabel (8,349 > 1,65356) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan
besarnya pengaruh sebesar 28,4%; (2) motivasi kerja secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil nilai t hitung >
t tabel (11,612 > 1,65356) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh
sebesar 43,4%; (3) disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kinerja guru dengan hasil nilai t hitung > t tabel (7,739 > 1,65356) dan
nilai sig. 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar 25,4%; dan (4)
supervisi akademik kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara
simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru
dengan hasil nilai F hitung > F tabel yaitu 60,618 > 2,26 dan nilai sig 0,000 <
0,05 dan besarnya pengaruh simultan sebesar 51,5%.
Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Disiplin
Kerja, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:49
Last Modified: 08 Jan 2024 07:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item