ASSAQAF, LUQNI (2023) MANAJEMEN IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL DI MTS SALAFIYAH HIDAYATUL ATHFAL PEKALONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
LUQNI ASSAQAF 21510015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Program pembelajaran bilingual ditujukan untuk mempromosikan
bilingualisme dengan cara menggunakan bahasa pertama secara proporsional atau
penggunaan dua bahasa sebagai bahasa pengantar pembelajaran untuk berbagai
macam mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk: mendeskripsikan dan
menganalisis Implementasi Program Bilingual di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal
Pekalongan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu:
orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan
menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan implementasi
program bilingual dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi penyusunan
administrasi madrasah, program supervisi akademik, perumusan penganggaran,
perencanaan sarana prasarana, ketatausahaan dan evaluasi rencana. 2)
Pengorganisasian implementasi program bilingual dilakukan dengan prosedur
pengorganisasian meliputi penempatan sumber daya madrasah, perencanaan dan
pengembangan organisasi, penugasan dan pendelegasian wewenang. 3)
Penggerakan implementasi program bilingual dilakukan oleh kepala madrasah
meliputi pengarahan kepala madrasah dan motivasi kepala madrasah. 4)
Pengawasan implementasi program bilingual dilakukan oleh kepala madrasah
meliputi instrument penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Simpulan implementasi program bilingual telah dilakukan melalui dua langkah
kegiatan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.
Penulis menyarankan agar kepala madrasah lebih memperhatikan dalam hal
penggerkan dan pengawasan. Guru diharuskan untuk selalu siap dalam
pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci: Program Bilingual, Implementasi Kebijakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/599 |