PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCANDY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 6 BOJA

KHOTIMAH, NUR FARIDAH HUSNUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCANDY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 6 BOJA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR FARIDAH HUSNUL KHOTIMAH 19120285.pdf] Text
NUR FARIDAH HUSNUL KHOTIMAH 19120285.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum sepenunya menguasai kosakata bahasa dalam bahasa inggris, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya penggunaan media interaktif untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah media pembelajaran educandy efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris?, 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media educandy?, Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari adanya penggunaan media educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris kelas V di SD Negeri 6 Boja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one grup pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 6 Boja. Sampel yang diambil yaitu kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang diambil menggunakan tekhnik non probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket/kuesioner, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesar 67,76 dan rata-rata posttest sebesar 86,36. Berdasarkan hasil analisis data uji paired sample t-test dengan df = N-1 = 25-1 =24 dengan taraf signifiksi 0,05 diperoleh thitung = 5,228 dengan ttabel = 1,709 dan diperoleh nilai Sig. (2 tailled) 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan (penggunaan media educandy). Untuk ketuntasan belajar individu dipandang tuntas belajar apabila memenuhi nilai KKM yaitu 70. Ketuntasan belajar klasikal yaitu 98%. Dari hasil tersebut diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa media educandy efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris materi identyfying expression of giving direction di kelas V SD Negeri 6 Boja.
Berdasarkan hasil peneitian yang diperoleh penulis menyampaikan bahwa, jika penggunaan media tersebut lebih maksimal dan dimanfaatkan serta dapat dikembangkan oleh guru, saat pembelajaran bukan hanya sebagai hiasan namun juga akan lebih efektif jika digunakan. Hal tersebut juga dapat mendorong siswa agar lebih semangat dalam belajar. Perbandingan dari proses dan hasil dalam pembelajaran saat menggunakan media, dalam perbandingan saat tidak menggunakan media akan terlihat jelas dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:40
Last Modified: 08 Jan 2024 07:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item
View Item